Minggu, 03 Mei 2020

Jangan Panik, Berikut Panduan untuk Mengatasi Hidung Bayi Mampet Walau Tidak Pilek


Merawat bayi merupakan kewajiban bagi para orang tua maupun orang disekitarnya. Dalam merawat bayi diperlukan kasih sayang, perhatian, dan waktu yang khusus. Tidak hanya pengetahuan secara rasional, dalam urusan merawat bayi juga memiliki beberapa kepercayaan yang dimiliki oleh masing-masing keluarga tergantung pada latar belakang keluarga tersebut.



Namun bayi juga memiliki keterbatasan untuk mengutarakan perasaan maupun keinginannya karena masih belum bisa berkomunikasi dengan sesama manusia. Oleh karena itu bahasa tubuh bayi maupun perilaku bayi merupakan satu-satunya alat berkomunikasi dengan orang dewasa.

Salah satu hal yang membuat orang dewasa bingung adalah ketika hidung bayi tersumbat. Meskipun bayi tidak pernah meminum es, namun bayi juga dapat mengalami penyumbatan pada hidung atau flu. Salah satu penyebab hidung bayi tersumbat ini adalah lendir dari pilek yang tidak dapat dikeluarkan karena bayi tidak dapat menyisikan lendir tersebut. Simak cara mengatasi hidung bayi mampet tapi tidak pilek di bawah ini.

GEJALA HIDUNG TERSUMBAT PADA BAYI

Setiap orang tua pasti menjaga anak agar terhindar dari penyakit. Namun terkadang penyakit selalu datang karena kekebalan tubuh yang masih rendah pada bayi. Beberapa gejala yang dapat ditandai ketika hidung pada bayi berair, sering bersin, berbunyi pada saat bernafas, memerah, dan mendengkur. Hal ini terjadi karena bayi masih memiliki kelemahan fisik sehingga gampang terkena virus yang menyebabkan hidung tersumbat.

PENYEBAB HIDUNG TERSUMBAT PADA BAYI

Setelah Anda mengetahui gejala hidung tersumbat pada bayi,  selanjutnya Anda juga harus tahu beberapa penyebab hidung tersumbat pada bayi berikut ini agar bisa mencegahnya. Yuk disimak.
  1. Sering menggosok tangan pada hidung karena gatal
  2. Alergi dan iritasi yang banyak dapat menyebabkan peradangan pada area hidung sehingga dapat menyebabkan kelebihan sekresi lendir yang kemudian menyebabkan flu dan hidung tersumbat
  3. Virus influenza menjalar pada hidung, tenggorokan, dan paru-paru sehingga dampak dan sakitnya juga lebih besar daripada flu biasanya
  4. Hidung tersumbat juga dapat disebabkan dari polip, yaitu hidung tersumbat, hidung berair, kesulitan bernafas, indera perasa dan indera penciuman terganggu dan tidak berjalan dengan normal.
  5. Infeksi sinus juga merupakan penyebab dari tersumbatnya hidung bayi. Gejala sinus ini hidung dipenuhi dengan lendir dan adenoid membengkak sebagai respon imun.

Lima faktor di atas dapat menjadi alasan mengapa hidung pada bayi Anda tersumbat. Anda dapat melakukan penanganan tergantung dari penyebab tersumbatnya hidung pada bayi.

CARA MENGATASI HIDUNG TERSUMBAT PADA BAYI

Meskipun hidung pada bayi Anda tersumbat, hal yang pertama harus Anda lakukan adalah jangan panik, tetap tenang agar bayi juga merasa tenang. Meskipun menyiksa jika melihat bayi Anda berjuang, namun Anda harus secara cepat dan tegas untuk mengatasinya. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah :

1.       Memberikan ASI secara Rutin pada Bayi

Seperti yang kita ketahui bahwa ASI (Air Susu Ibu) memiliki berbagai manfaat termasuk memberikan gizi kepada bayi. ASI yang dikonsumsi oleh bayi ini akan memberikan antibody dan nutrisi sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan bayi dan membantu percepatan proses penyembuhan sakit pada bayi anda, termasuk hidung tersumbat. Namun ketika hidung pada bayi tersumbat, hal yang dapat Anda lakukan adalah meneteskan ASI ke hidung bayi dan biarkan selama satu menit. Lalu tegakkan badan bayi agar lendir mengalir keluar secara otomatis.

2.       Buat Bayi Merasa Nyaman

Tepuk punggung bayi secara perlahan karena ketika hidung tersumbat maka bayi akan menagis dan cenderung rewel. Untuk membuat bayi tenang dan nyaman, maka tepuk punggung bayi secara perlahan. Cara ini juga dapat mengeluarkan lendir pada hidung bayi.

3.       Atur Posisi Tidur Bayi

Mengatur posisi tidur bayi juga penting karena semakin tinggi kepalanya ketika dibaringkan, maka bayi akan lebih mudah menghirup udara. Posisi ini juga membuat lendir mengalir dan tidak menggumpal.

Itu tadi 3 cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi ini dapat menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan oleh para bunda. Anda dapat melakukan hal yang praktis dan dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama pada saat bayi mengalami penyumbatan pada hidung. Semoga artikel ini membantu, semoga hidung anak Anda segera sembuh. Terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar