Rabu, 27 Februari 2013

Cara Tidur nyenyak



Cara tidur nyenyak


Hayoo siapa yang tidurnya nggak pernah nyenyak? pasti ada diantara kita tidak bisa merasakan tidur dengan nyenyak, yang disebabkan banyak hal, seperti stress, banyak masalah yang ada di pikiran kita atau sebab yang lainnya. Tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting, karena dengan tidur organ tubuh kita beristirahat dari aktifitas sehari-hari yang kita lakukan, dengan tidur badan kita terasa lebih segar, fresh dan bisa beraktifitas seperti biasanya. Mesin saja butuh istirahat,begitupula organ tubuh kita juga memerlukan waktu untuk beristirahat. Bila kita kurang tidur atau terbiasa dengan pola tidur yang tidak teratur bisa jadi penyakit akan mudah datang yang pada akhirnya menganggu aktifitas kita dalam kehidupan sehari-hari baik itu bekerja, bersekolah dan aktifitas yang lainnya. Maka dari itu biasakanlah tidur dengan teratur dan jam tidur yang cukup. Agar tidur kita dapat nyenyak dan pulas ada baiknya anda membaca dan mempraktekkan tips atau cara tidur dengan nyenyak berikut ;

Cuci muka dan menggosok  gigi
Biasakanlah sebelum tidur untuk selalu cuci muka dan menggosok gigi, karena dengan wajah dan gigi yang bersih tidur kita akan terasa nyaman, dengan menggosok gigi kesehatan gigi dan mulut kita terjaga, jauh dari penyakit yang nama nya sakit gigi, sariawan dan penyakit lainnya. Ingat jangan lupa cuci muka dan gosok gigi sebelum tidur baik untuk kesehatan kita.

Memakai pakaian tidur atau piyama
Kebiasaan diwaktu tidur kita memakai pakaian yang sudah kita kenakan sebelumnya, kaos atau kemeja yang kita pakai sehari-hari, yang disebabkan oleh pemikiran malas ganti pakaian dan menambah banyak cucian pakaian. Untuk kita ketahui bahwa tidur dengan memakai pakaian bisa yang kita kenakan yang bercampur bau keringat, noda dan debu yang menempel pada pakaian kita bukanlah cara yang baik, sebaiknya anda rubah dengan memakai baju tidur yang sesuai dengan bentuk tubuh kita. Sekarang ini pakaian tidur baik model, ukuran dan corak warna pada dijual di mall, toko pakaian bahkan dijual di media internet yaitu toko online dengan kualitas dan harga yang terjangkau. Maka dari itu segeralah membeli atau memiliki baju tidur untuk anggota keluarga anda.

Usahakan tempat tidur selalu bersih dan rapi
agar aktifitas tidur terasa nyaman sebaiknya kamar dan tempat tidur kita selalu bersih dan rapi, tiap bangun tidur selalu menata dan merapikan seperti awal kita beranjak tidur. Satu minggu sekali bersihkan kamar dan tempat tidur dari debu dan tungau yang mengendap pada bagian tempat tidur kita. Itu bisa anda lakukan atau asisten rumah tangga anda dengan penyedot debu yang dijual di toko toko elektronika. Apapun tempatnya kalau bersih dan rapi kita akan merasa betah untuk berlama lama ditempat tersebut untuk sekedar tidur atau melakukan aktifitas seksual dengan pasangan anda.  Setelah kamar dan tempat anda bersih dan rapi tidak ada salahnya anda menyemprotkan minyak wangi atau aroma terapi yang segar dan wangi sesuai pilihan anda.

Nyalakan kipas angin atau AC
Cuaca yang tidak bersahabat membuat udara dalam kamar kita kadang panas atau sebaliknya dingin dan pengab yang sering menganggu dan membuat kita tidur bisa tidur dengan cepat dan nyenyak. Pendingin ruangan dibutuhkan untuk mengatasi masalah tersebut, kalau kita mampu bisa membeli air conditioner atau AC tentunya yang hemat dalam penggunaan energy listrik, tapi bila kita belum mampu untuk membeli ac, kipas angin sudah cukup agar sirkulasi udara dikamar teratur tidak pengab atau panas. Gunakan bilamana membutuhkan dan matikan bila tidak digunakan dengan begitu kita bisa berhemat akan energy listrik dirumah kita.

Menyalakan musik
Mendengarkan musik sebagai pengantar tidur sering bahkan lebih banyak dilakukan oleh sebagian besar orang baik di desa maupun dikota. Alunan dan nada yang dilantunkan dengan indah membawa kita sebagai pendengar terbuai dan larut membuat kita tertidur dengan sendirinya. Mendengarkan musik yang berirama lembut seperti Jazz, keroncong, blues ataupun lagu lagu favorit sebagai pengantar tidur kita.

Matikan lampu atau redupkan cahaya lampu
Bila mata anda sudah mulai mengantuk segeralah mematikan lampu atau meredupkan cahaya, lampu yang terang membuat mata kita akan sulit terpejam dan membutuhkan waktu yang agak lama dibanding mematikan atau meredupkan lampu kamar. Disamping itu dengan mematikan lampu setidaknya kita bisa berhemat energy listrik dan tidak perlu membayar tunggakan listrik yang lebih banyak dari sebelumnya. Buat yang membaca tips ini saya ucapkan terimakasih, semoga tidur anda nyenyak dan mimpi yang indah.

0 komentar:

Posting Komentar