Minggu, 24 Februari 2013

Cara Menjadi Kaya



Cara menjadi kaya
Kaya adalah dambaan setiap manusia diujung belahan bumi manapaun, hidup sengsara dalam kemiskinan tidak diinginkan oleh kita sebagaimana manusia, tapi hidup ini tidak akan jauh dengan nama nya kaya dan miskin. Setiap manusia sudah diberi garis hidup oleh Allah SWT ada yang kaya sejak lahir atau miskin sejak lahir. Persaingan setiap manusia bagaimana agar bisa menjadi kaya, membuat manusia berusaha dengan cara nya masing-masing. Ada yang kaya dengan cara curang dan ada pula meraih kekayaan dengan cara yang baik.
Hidup dizaman modern seperti sekarang ini membuat kita harus senantiasa berjuang dan bekerja keras agar bisa hidup layak syukutr-syukur menjadi orang kaya dibandingkan dengan orang lain.  Himpitan ekonomi dan sempitnya lapangan pekerjaan yang terjadi sekarang ini membuat orang berpikir dan berusaha dengan cara nya sendiri yang mereka anggap benar, kadangkala merugikan orang lain dan mengambil yang bukan haknya. Melalui tulisan  ini saya ingin berbagi cara menjadi kaya dengan arah yang benar dan insya Allah dapat bermanfaat bagi orang lain.

Bekerja
Bekerja adalah salah satu hal yang harus kita lakukan agar bisa memenuhi kebutuhan hidup kita didunia ini, seperti untuk makan, membeli rumah atau tempat tinggal dan status kita dimata orang lain. Dengan bekerja peluang kita untuk kaya terbuka lebar dibandingkan dengan orang yang tidak mau bekerja hanya mengandalkan belas kasihan dari sekelilingnya yaitu orang tua dan lainnya. Coba kita tengok induk ayam dan anak ayam pagi pagi sekali sudah bangun dari kandangnya keluar dan mencari makanan disekitar kandangnya agar bisa bertahan hidup. Maka sudah seharusnya bilamana kita ingin bisa hidup harus bekerja, bekerja yang halal dan direstui oleh kedua orang tua kita. Bentuk bekerja bermacam cara, ada yang menjadi karyawan, berdagang atau bekerja mengandalkan jasa ketrampilan yang ia miliki agar bisa menghasilkan uang. Mari kita bekerja dengan cara yang jujur, tidak merugikan pihak lain dan senantiasa memberikan yang terbaik sepenuh hati dalam bekerja serta kerja keras agar bisa meraih apa yang kita harapkan dengan maksimal. Apapun pekerjaan kita asal halal dan baik jangan malu untuk melakukannya karena bisa jadi pekerjaan inilah yang bisa membuat kita menjadi kaya kelak dikemudian hari.

Belajar
Belajar merupakan media terbaik dan harus kita lakukan dimana dan kapan pun kita berada, dengan belajar selama kita bekerja membuat kita tahu dan menempah pengalaman baik dari diri sendiri dan ataupun dari orang lain, agar kita bisa sukses dan kaya maka kita harus belajar dari ahli atau orang yang sudah tahu, apapun caranya kits harus bisa bekerja dan belajar dari orang yang kita anggap layak sebagai jalan kita menuju sukses dan kaya. Menyerap ilmu dan sikap yang kita dapat baik itu dari rekan kerja, atasan atau lawan bisnis kita. Dengan belajar dari orang sukses secara tidak langsung kita sudah memposisikan diri menuju pintu kesuksesan, bebas secara finansial dimasa yang akan datang. Ingat sekali lagi jangan berhenti belajar, karena ilmu adalah anak tangga menuju kesuksesan dan membedakan status kita dengan yang lain.

Hemat
Setelah bekerja dan mendapat limpahan kekayaan yang banyak dibandingkan dengan awal-awal yang tidak memiliki apa-apa sekarang bisa mendapatkan apa yang kita inginkan hanya sekedar menunjuk barangpun datang sendirinya. Bilamana kita sudah bekerja dan mendapatkan hasil dari bekerja sebaiknya kita hidup hemat, seperti awal kali berusaha bekerja, susah payah menahan godaan dan kerasnya persaingan dalam bekerja. Kalau boleh mari kita gunakan sebagian uang yang kita dapatkan dengan cara yang baik yaitu menabung, membuat uang yang kita miliki mendatangkan uang lebih banyak lagi dengan cara investasi, membuka usaha baru sesuai peluang yang kiranya terbaik yang bisa kita ambil. Godaan setiap manusia yang merasa sudah sukses memiliki harta dan uang berlimpah adalah sikap boros dan pergaulan yang tidak baik serta pola hidup yang tidak teratur Daripada berbuat semacam itu akan lebih baik uang tersebut bisa kita sisihkan untuk membantu member modal usaha kepada calon pengusaha yang benar-benar serius bisa sesukses seperti anda, atau anda bisa bersedekah kepada mereka yang membutuhkan, anak-anak yatim, atau yayasan social yang benar-benar membutuhkan uluran tangan anda. Dengan bersedekah membuat kita lebih tenang dan terarah kemana harus menyalurkan uang yang sebagian bukan hak anda untuk anda miliki tetapi hak mereka yang membutuhkan.

Teliti
Teliti dalam bekerja, atas apa yang kita lakukan, sudah benar apa belum, apakah merugikan orang lain atau bukan harus senantiasa ada dalam standar hidup kita baik itu bekerja, berbisnis atau melakukan aktifitas sehari-hari. Dengan begitu setidaknya kita terhindar dari hal-hal yang merugikan atau hal lain yang tidak kita inginkan. Meneliti sebelum member keputusan harus kita lakukan agar apa yang kita rencanakan dan harapkan berjalan meraih hasil yang sempurna.

Hati hati
Selalu waspada atas apa yang akan terjadi pada sekitar kita dengan aturan-aturan atau system yang bisa kita buat sebelum melangkah atau memutuskan suatu hal. Waspada pada lingkungan, pergaulan dan orang atau rekan bisnis yang tidak baik terhadap anda. Atau apapun yang kiranya mengancam atau menghancurkan atas apa yang kita bangun selama ini baik itu karier,bisnis dan lain hal. Jangan terlalu bertindak sekonyong-konyong waspada terhadap setiap orang, bersikaplah sewajarnya bilamana kita dapati hal yang tidak kita inginkan tolak dan jauhi orang tersebut. Kita harus pandai membawa diri dan senantiasa hati-hati segala aspek perbuatan yang kita lakukan.

Senantiasa berdo’a
Apapun yang kita lakukan bagaimana caranya kalau tidak kita sertai dengan do’a dan rasa syukur kepada Allah SWT tidak akan member hasil yang maksimal, walau kita sudah kaya segalanya kalau jauh dari rasa syukur maka apa yang kita raih akan terasa hambar, hidup terasa kurang tenang senantiasa gelisah, maka dari itu hendaknya kita berdo’a, bersyukur dan menjalankan perintah agama dengan sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi keluarga, orang tua dan orang yang tidak mampu. Jangan jauh dari agama dan Allah SWT, apalagi terlena dalam limpahan harta yang bisa membuat kita jauh dari-Nya.

Saya rasa dengan berbuat sesuai point –point seperti yang saya kemukakan diatas Insya Allah atas bantuan dan kehendak Nya kita Nanti akan kaya dengan sendirinya.  Selamat mencoba semoga kita kelak menjadi kaya dan bermanfaat bagi alam dan orang sekitar kita. Sebaik-baik manusia adalah dapat membantu sesama bersama meraih sukses dunia dan akhirat.

0 komentar:

Posting Komentar