Selasa, 25 September 2012

Cara menjadi tetangga baru yang baik

Menjadi pendatang baru atau sebagai warga pendatang biasa nya kita alami setelah menikah dan memiliki keluarga, agar sukses dalam kehidupan bertetangga tidak salahnya bila mempertimbangkan beberapa hal berikut :


Mengadakan syukuran
Hal ini kita lakukan sebagai rasa syukur dan harapan baru yang lebih baik yang kita inginkan dari Tuhan Yang Maha Esa, semoga senantiasa diberikan kebahagiaan, kesehatan dan kesuksesan dalam kehidupan berumah tangga dan bermasyarakat.  Mengadakan syukuran bisa diwujudkan sesuai dengan agama dan kebiasaan yang diberikan oleh orang tua kita dahulu, dengan cara-cara yang sering kita jumpai dimasyarakat sekitar.

Mengundang tetangga
Mengundang tetangga dan sanak keluarga untuk hadir dalam acara syukuran dengan cara yang baik dan sopan mendatangi rumah tetangga kita yang berdekatan dengan rumah baru kita, sekaligus sebagai acara perkenalan keluarga anda menjadi bagian warga baru yang anda tempati tersebut. Bilamana berhalangan hadir tetap berikan apa yang sudah kita rencanakan untuk bisa kita bagi kepada tetangga tersebut.  Dengan begitu kesan pertama kita sebagai pendatang akan memberi hasil yang baik dan mendapat respek dan respon yang kita harapkan sebelumnya.

Senyum,  sapa, berkenalan
Setelah beberapa hari lama nya kita menjadi warga baru, sering-seringlah kita menebar senyum, sapa dan berkenalan kepada tetangga kita bila bertemu, baik itu didepan rumah atau kebetulan lewat,  dengan melakukan hal ini terlebih dahulu itu berarti kita menjadi pribadi yang hangat dan siap untuk menjadi tetangga yang baik diantara warga kampung,  nggak susahkan untuk melakukan ini….? Saya rasa bila kita dan anggota keluarga kita memiliki pribadi yang terbuka dan mengharap ketentraman dalam bermasyarakat.  Dan yang terakhir ucapkan salam bisa kita sudah merasa berkenalan dan mengobrol sebelum nya bila bertemu dilain waktu. Karena salam akan mendatangkan berkah diantara kita yang mengucapkan dan membalas salam tersebut.

Aktif menghadiri undangan tetangga atau kegiatan kampung
Sering-seringlah datang menghadiri undangan dari tetangga atau kegiatan kampung, karena hal ini bisa mempererat tali silaturahmi dalam kehidupan bermasyarakat, jangan membeda-bedakan siapa yang mengundang kita, entah itu orang kaya atau orang miskin. Jangan merasa menjadi orang terpandang dengan kedudukan dan kekayaan yang kita miliki dibanding dengan tetangga kita. Tetaplah low profile dan menjadi bagian warga masyarakat yang bisa jadi teladan dan kebanggaan serta bermanfaat bagi warga sekitar .

Ramah dalam setiap pergaulan dengan warga sekitar
Mengajarkan dan mempraktekkan sikap yang ramah diri kita dan anggota keluarga kita kepada tetangga kita dan orang lain sangat diperlukan karena akan melahirkan hidup bertetangga yang harmonis dan damai.

Berbagi atau beramal
Berbagi atau beramal sesuai kemampuan kepada tetangga kita yang kurang mampu akan memperkuat hubungan diantara warga kampung serta menambah berkah dari Tuhan Yang Maha Esa, hidup penuh berkah akan senantiasa membuat kita bahagia dan jauh dari masalah.
Sekian coretan ini saya tulis untuk saya bagi kepada anda. Kurang lebihnya anda bisa tambahkan dalam kolom commentar dibawah ini……

0 komentar:

Posting Komentar